SQL



Hallo Wong Sekabean, Pie Kabare? Sehat lah yaa, Disini saya akan menjelaskan kepada kalian yang sedang membaca blog saya. Kali ini saya berkesampatan untuk menjelaskan sedikit tentang SQL, nah  yuk baca dan cermati. Terimakasih.

  • Pengertian
SQL atau Standard Query Language adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam mengakses, mengubah, dan memanipulasi data yang berbasis relasional.

  • Sejarah kemunculan SQL
artikel dari Jhonny Oracle yang merupakan salah seorang peneliti di IBM. Artikel tersebut membahas mengenai ide pembuatan sebuah basis data relasional yang muncul di tahun 1970, tepatnya pada bulan Juni.
Pada artikel tersebut juga dibahas mengenai kemungkinan di masa mendatang untuk menciptakan sebuah bahasa data yang standar. Oleh karena itulah kemudian muncul istilah SEQUEL yang mengacu pada singkatan dari Structured English Query Language.
Selang beberapa waktu, IBM lantas mencanangkan proyek basis data relasional SEQUEL dan karena namanya cukup sulit dieja maka disingkat menjadi SQL. Setelah proses standardisasi selesari tahun 1986, lalu SQL mengalami perbaikan tahun 1989.
Tahun 1992 muncul versi SQL92 dan di tahun 1999 dengan berbagai pembaharuan muncullah SQL99. Namun, dalam dunia IT SQL yang sering digunakan mereferensikan pada SQL92.
Meski begitu, sampai sekarang pun sebenarnya tidak ada sebuah server berbasis data yang menggunakan maupun mendukung SQL99. Ini lebih tergantung pada dialek masing-masing server yang digunakan.

  • Fungsi SQL
    1. Mampu Mengeksekusi Query
Fungsi pertama dari SQL adalah mampu untuk mengeksekusi berbagai kueri yang ada. Jadi fungsi pertamanya memerintahkan langsung sistem agar mengelola database. Contoh dari eksekusi kueri diantaranya trigger, alter, giant dan masih banyak lagi.

    2. Mampu Mengatur Hak Akses User
Fungsi selanjutnya yakni untuk mengatur hak akses user. Hal ini diartikan untuk mengatur dan mengelola kebutuhan hak akses table, pandangan dan prosedur pada database. Tujuan hak akses ini untuk membatasi akses penggunaan sesuai dengan kebutuhan sistem yang diterapkan.

    3. Mampu Memanipulasi Dan Mengakses Database
Fungsi yang terakhir yakni mampu mengakses database dengan menuliskan beberapa perintah sesuai dengan kueri yang telah ditetapkan. kamu melakukan update data berupa, penambahan data, penghapusan data, atau perubahan terhadap tabel dan beberapa informasi yang tidak penting.

    4. Mampu Membuat Tabel
Objek yang sering digunakan untuk menyimpan semua data pada database ini bisa dibuat dari SQL. Letak tabel pada database dimana nantinya pembuatan tabel dilakukan setelah sebuah database telah dibuat. Tabel sendiri terdapat baris dan kolom dimana barus disebut dengan recordset dan kolom disebut dengan field. Database harus diaktifkan dulu untuk membuat sebuah tabel atau lebih.

    5. Melihat Struktur Tabel
Setelah membuat tabel, kamu dapat melihat tipe data dan panjang kolom dengan menampilkan struktur tabel.

  • Profesi yang membutuhkan skill SQL
1. Data Engineer
2. Data scientist
3. Database administrator
4. Business analyst
5. Quality Assurance Tester

Nah untuk perintah dasar sql ada 4 macam yaitu DDL, DML, DCL, & TCL. Kita bahas di halaman blog  berikutnya.

Komentar