TRANSACTION CONTROL LANGUAGE (TCL)

 


Hallo Wong Sekabean, Pie Kabare? Sehat lah yaa, Disini saya akan menjelaskan kepada kalian yang sedang membaca blog saya. Kali ini saya berkesampatan untuk menjelaskan sedikit tentang perintah sql yaitu Transaction Control Language (TCL), nah  yuk baca dan cermati. Terimakasih

  • Pengertian

Terakhir ada TCL yang merupakan salah satu perintah dalam SQL. TCL atau Transactional Control Language merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan sistem transactional dalam database. 
Biasanya digunakan untuk melakukan query lebih dari satu tabel dalam sekali waktu. Kemudian data akan tersimpan apabila semua query tidak terjadi error. 
  • Contoh perintah TCL diantaranya:
    a) Perintah COMMIT digunakan untuk menyimpan transaksi secara permanen. Perintah commit dibutuhkan dalam suatu rangkaian operasi data, jika ada 1 atau lebih operasi yang mengalami kegagalan maka kita akan mengembalikan seperti ke bentuk semula. Jika tidak ada kesalahan maka seluruh rangkaian pernyataan akan di – COMMIT untuk menyimpan transaksi secara permanen.

    b) Perintah ROLLBACK digunakan untuk membatalkan transaksi atau mengembalikan database ke bentuk awal. Perintah rollback dibutuhkan dalam suatu rangkaian operasi data, jika ada 1 atau lebih operasi yang mengalami kegagalan maka kita akan mengembalikan seperti ke bentuk semula menggunakan perintah ROLLBACK.

  • Contoh perintah TCL pada SQL antara lain: 
ROLLBACK: Perintah ROLLBACK digunakan untuk membatalkan perubahan data dalam database dan mengembalikan database ke kondisi sebelum transaksi dimulai. Contoh:




Komentar