DATA MANIPULATION LANGUAGE (DML)



Hallo Wong Sekabean, Pie Kabare? Sehat lah yaa, Disini saya akan menjelaskan kepada kalian yang sedang membaca blog saya. Kali ini saya berkesampatan untuk menjelaskan sedikit tentang perintah sql yaitu Data Manipulation Language (DML), nah  yuk baca dan cermati. Terimakasih.
  • Pengertian
Pada database SQL, perintah yang digunakan untuk memanipulasi data adalah Data Manipulation Language atau DML. Perintah dalam DML juga terbagi ke dalam empat jenis.
Beberapa di antaranya adalah insert, select, update, dan delete. Kemudian, perintah dasar DML masih dibedakan lagi ke dalam setidaknya empat jenis perintah.

    • Berikut 4 perintah dasar dml:
        a) Perintah Insert: Kamu bisa menggunakan perintah ini untuk memasukkan sebuah record baru di dalam sebuah tabel database.

        b) Perintah Select: Select digunakan untuk memanipulasi data dengan tujuan menampilkan maupun mengambil sebuah data pada tabel. Data yang diambil pun tidak hanya terbatas pada satu jenis saja melainkan lebih dari satu tabel dengan memakai relasi.

        c) Perintah update: Ini dapat kamu gunakan ketika ingin melakukan pembaruan data di sebuah tabel. Contohnya saja jika ada kesalahan ketika memasukkan sebuah record. Kamu tidak perlu menghapusnya dan bisa diperbaiki menggunakan perintah ini.

        d) Perintah Delete: Perintah DML ini dapat digunakan ketika kamu ingin menghapus sebuah record yang ada dalam sebuah tabel.

    • Contoh perintah DML pada SQL antara lain:

    SELECT: Perintah SELECT digunakan untuk mengambil data dari satu atau lebih tabel dalam database. Contoh:



    Komentar