ISTILAH-ISTILAH DALAM MANAGE LOCAL DISK DI LINUX



Hallo Wong Sekabean, Pie Kabare? Sehat lah yaa, Disini saya akan menjelaskan kepada kalian yang sedang membaca blog saya. Kali ini saya berkesampatan untuk menjelaskan sedikit tentang istilah - istilah dalam local disk di Linux, nah  yuk baca dan cermati. Terimakasih

  1. Nomor unit logis (LUN)
Nomor unit logis (LUN) adalah angka yang digunakan untuk mengidentifikasi unit logis yang berkaitan dengan penyimpanan komputer. Unit logis adalah perangkat yang dibahas oleh protokol dan terkait dengan saluran serat, antarmuka sistem komputer kecil (SCSI), SCSI Internet (ISCSI) dan antarmuka lain yang sebanding. LUN sangat penting untuk mengelola array penyimpanan blok dari jaringan area penyimpanan (SAN). LUN yang khas digunakan dengan proses baca/penulisan komponen yang mendukung.


     2. WWN & WWPN

WWN dapat digunakan sebagai WWN (World Wide Name) untuk mengidentifikasi sebuah switch.

WWPN (World Wide Port Name) untuk mengidentifikasi masing-masing port pada sebuah switch.
  • Perbedaan WWN & WWPN
Perbedaan antara node WWN (WWN), adalah penggenal khusus yang ditugaskan ke sebuah node dan port WWN (WWPN), adalah salah satu yang unik untuk setiap port.


    3. SAN & vSAN
  • SAN
Storage Area Network (SAN) adalah sebuah jaringan berkecepatan sangat tinggi yang khusus, terdiri dari server dan penyimpan (storage).
  • vSAN
 vSAN adalah penyimpanan yang ditentukan perangkat lunak yang memungkinkan organisasi menggabungkan kemampuan penyimpanan dan menyediakan penyimpanan mesin virtual secara otomatis. Mereka dapat secara dinamis menskalakan kinerja dan kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan dan menjadikan penyimpanan fisik dasar dapat diakses oleh mesin virtual melalui panel kontrol yang digerakkan oleh kebijakan. 

  • Perbedaan SAN & vSAN
Perbedaan Meskipun teknologi SAN dan vSAN tradisional memiliki banyak karakteristik yang sama, vSAN tidak memerlukan penyimpanan jaringan eksternal untuk menyimpan file mesin virtual dari jarak jauh. vSAN hanya bekerja dengan host ESXi, sedangkan SAN memanfaatkan protokol penyimpanan seperti FCP dan iSCSI.
Dengan SAN tradisional, administrator penyimpanan diharuskan untuk melakukan pra-alokasi penyimpanan pada sistem yang berbeda, sementara vSAN secara otomatis mengonversi sumber daya penyimpanan lokal menjadi satu kumpulan penyimpanan. 


    4. Multipath & Ultrapath
  • Multipath
Multipath adalah fenomena propagasi yang mengakibatkan sinyal radio mencapai antena penerima melalui dua atau lebih jalur. Penyebab multipath termasuk saluran atmosfer, refleksi dan refraksi ionosfer, dan refleksi dari badan air dan objek terestrial seperti gunung dan bangunan.

  • Ultrapath
UltraPath meningkatkan keandalan transfer data, memastikan keamanan jalur antara server aplikasi dan sistem penyimpanan, dan memberi pelanggan solusi manajemen jalur yang mudah digunakan dan sangat efisien untuk membawa kinerja server aplikasi dan sistem penyimpanan ke dalam permainan penuh, memaksimalkan laba atas investasi (ROI). 

  • Perbedaan Multipath & Ultrapath
Multipathing dapat membantu penyeimbangan muatan dengan menyebarkan I/O di berbagai jalur untuk mengurangi latensi, selain menjadi alat failover yang praktis.
Ultrapath Itu dapat menangani dan melakukan pembuatan/penghapusan disk sistem operasi dan pengiriman I/O. UltraPath memiliki kemampuan multipathing.


    5. LVM & non-LVM
  • LVM
Multipathing, juga disebut SAN multipathing atau I/O multipathing, adalah pembentukan beberapa rute fisik antara server dan perangkat penyimpanan yang mendukungnya. Dalam jaringan penyimpanan, jalur fisik antara server dan perangkat penyimpanan yang mendukungnya terkadang bisa gagal.
  • non-LVM
non-LVM atau disebut dengan dengan standar partition kebalikannya dari LVM dimana untuk non-LVM Anda tidak dapat melakukan extend volume root dan biasanya jika terdapat expand maka solusinya melakukan mount ke direktori tertentu. non-LVM dapat digunakan jika dalam kondisi Anda tidak berencana atau tidak akan menambahkan kapasitas pada disk atau storage.
  • Perbedaan LVM & non-LVM
Perbedaan LVM dan non-LVM Kalo di LVM bisa perpanjang volume root dan Volume data dapat dilakukan sedangkan non-LVM Perpanjang volume root dan Data volume tidak bisa dilakukan,
Solusinya di mounting ke directori tertentu. 


    6. File Sistem
  • Pengertian
File System itu adalah suatu cara untuk memisahkan data yang ada pada disk/drive dan dibagi menjadi beberapa bagian. Selain itu, berkas sistem juga menyediakan cara menyimpan data-data tersebut – misalnya seperti nama file, hak akses, dan berbagai atribut lainnya. Berkas sistem juga dapat melakukan indeks dari semua data yang tersimpan. 


    7. Type - Type File Sistem
  • FAT16 (File Allocation Table)
 FAT16 adalah sistem berkas yang menggunakan unit alokasi yang memiliki batas hingga 16-bit, sehingga dapat menyimpan hingga 216 unit alokasi (65536 buah).
  • JFS (Journal File System)
Journal File System atau JFS adalah 64-bit file system journal yang dibuat oleh IBM. 
  • NTFS (New Technology File System)
NTFS atau New Technology File System1, merupakan sebuah sistem berkas yang dibekalkan oleh Microsoft dalam keluarga sistem operasi Windows NT, yang terdiri dari Windows NT 3.x (NT 3.1, NT 3.50, NT 3.51), Windows NT 4.x (NT 4.0 dengan semua service pack), Windows NT 5.x (Windows 2000, Windows XP, dan Windows Server 2003), serta Windows NT 6.x (Windows Vista, Windows 7).
  • EXT 2
EXT2 juga merupakan salah satu file system yang paling ampuh dan menjadi dasar dari segala distribusi linux. Pada EXT 2 file system, file data disimpan sebagai data blok. Data blok ini mempunyai panjang yang sama dan meskipun panjangnya bervariasi diantara EXT2 file system, besar blok tersebut ditentukan pada saat file system dibuat dengan perintah mk2fs.
  • REISER FS
Merupakan sistem file pertama journal untuk disertakan di kernel standar. ReiserFS adalah file default sistem di Yoper Elive, Xandros, Linspire, GoboLinux, dan distribusi Linux.


    8. Parted
  • Pengertian
Parted adalah alat baris perintah terkenal yang memungkinkan Anda mengelola partisi hard disk dengan mudah. Ini dapat membantu Anda menambah, menghapus, mengecilkan dan memperluas partisi disk bersama dengan sistem file yang ada di dalamnya.

    9. FDISK
  • Pengertian
Definisi Fdisk adalah salah satu perintah dari sistem operasi windows yang berfungsi untuk memanipulasi partisi pada hardisk melalui sistem DOS. Anda bisa membuat, menghapus serta mengubah ukuran dan susunan partisi menggunakan perintah fdisk.

    10. NFS 
  • Pengertian
NFS (Network File System) adalah sebuah protokol berbagi pakai berkas melalui jaringan. NFS ini meng-share file ataupun resource melalui network atau jaringan tanpa peduli sistem operasi yang digunakan apa. Sederhananya NFS (Network File System) Merupakan komputer/host yang menyediakan sistem file(via direktori) yang dapat diakses oleh komputer lain.

Komentar